Presiden Amerika Yang Penuh Kegagalan

Abraham Lincoln

Sebelum membahas begaimana belajar menghadapi kegagalan dari sudut psikologi, kita ulas dulu sejarah singkat Abraham Lincolnterutama daftar kegagalan beliau yang ternyata tidak menyurutkannya dalam perjuangan hidupnya. Abraham Lincoln (lahir di Hardin County, Kentucky, 12 Februari 1809 - meninggal di Washington, D.C., 15 April 1865 pada umur 56 tahun) adalah Presiden Amerika Serikat yang ke-16, menjabat sejak 4 Maret 1861 hingga terjadi pembunuhannya. Dia memimpin bangsanya keluar dari Perang Saudara Amerika, mempertahankan persatuan bangsa, dan menghapuskan perbudakan.

Namun, saat perang telah mendekati akhir, dia menjadi presiden AS pertama yang dibunuh. Sebelum pelantikannya pada tahun 1860 sebagai presiden pertama dari Partai Republik, Lincoln berprofesi sebagai pengacara, anggota legislatif Illinois, anggota DPR Amerika Serikat, dan dua kali gagal dalam pemilihan anggota senat.

Kata Mutiara Pilihan
Apa perbedaan antara hambatan dan kesempatan? Perbedaannya terletak pada sikap kita dalam memandangnya. Selalu ada kesulitan dalam setiap kesempatan, dan selalu ada kesempatan dalam setiap kesulitan.
(J. Sidlow Baxter)
Meski anda menyembunyikan pikiran buruk dalam hati anda, tetap akan terpancar kekuatan kelam. Pikirkan cinta, meski tak mengucapkannya, maka duniapun akan terasa lebih terang.
(Ella Wheeler Wilcox)
Kebahagiaan anda tumbuh berkembang manakala anda membantu orang lain. Namun, bilamana anda tidak mencoba membantu sesama, kebahagiaan akan layu dan mengering. Kebahagiaan itu bagaikan sebuah tanaman, harus disirami setiap hari dengan sikap dan tindakan memberi.
(J. Donald Walters)
Orang bijak adalah dia yang hari ini mengerjakan apa yang orang bodoh akan mengerjakannya tiga hari kemudian.
(Abdullah Ibnu Mubarak)
Hidup dengan melakukan kesalahan akan tampak lebih terhormat daripada selalu benar karena tidak pernah melakukan apa-apa.
(George Bernard Shaw)

Sebagai penentang perbudakan, Lincolnmemenangkan pencalonan presiden Amerika Serikat dari Partai Republik pada tahun 1860 dan kemudian terpilih sebagai presiden. Masa pemerintahannya diwarnai dengan kekalahan dari pihak Negara Konfederasi Amerika Serikat, yang pro perbudakan, dalam Perang Saudara Amerika. Dia mengeluarkan dekrit yang memerintahkan penghapusan perbudakan melalui Proclamation of Emancipation pada tahun 1863, dan menambahkan Pasal ketiga belas ke dalam UUD AS pada tahun 1865.

Lincoln mengawasi perang secara ketat, termasuk pemilihan panglima perang seperti Ulysses S. Grant. Para ahli sejarah menyimpulkan bahwaLincoln mengorganisir faksi-faksi dalam Partai Republik dengan baik, membawa tiap pemimpin faksi ke dalam kabinetnya dan memaksa mereka bekerja sama. Lincoln berhasil meredakan ketegangan dengan Inggris menyusul Skandal Trent pada tahun 1861. Di bawah kepemimpinannya pihak Utara berhasil menduduki wilayah Selatan dari awal peperangan. Lincolnkemudian terpilih kembali sebagai presiden AS pada tahun 1864.

Para penentang perang mengkritisi Lincoln karena sikapnya yang menolak berkompromi terhadap perbudakan. Sebaliknya, kaum konservatif dari golongan Republikan Radikal, faksi pro penghapusan perbudakan Partai Republik, mengkritisi Lincoln karena sikapnya yang lambat dalam penghapusan perbudakan. Walaupun terhambat oleh berbagai rintangan, Lincoln berhasil menyatukan opini publik melalui retorika dan pidatonya, pidato terbaiknya adalah PidatoGettysburg.

Mendekati akhir peperangan, Lincoln bersikap moderat terhadap rekonstruksi, yaitu mendambakan persatuan kembali bangsa melalui kebijakan rekonsiliasi yang lunak. Penggantinya, Andrew johnson, juga mendambakan persatuan kembali orang kulit putih, tapi gagal mempertahankan hak para budak yang baru dibebaskan. Lincoln dinilai sebagai presiden AS yang paling hebat sepanjang sejarah Amerika.

Berikut tabel daftar kegagalan dari orang yang semasa hidupnya mengalami banyak tantangan dan badai namun menjadi orang hebat.

NoTahunKejadian
1.1831Abraham Lincoln mengalami kebangkrutan dalam usahanya.
2.1832Abraham Lincoln menderita kekalahan dalam pemilihan tingkat lokal.
3.1833Abraham Lincoln kembali menderita kebangkrutan.
4.1835Sang istri Abraham Lincoln meninggal dunia.
5.1836Abraham Lincoln menderita tekanan mental sedemikian rupa, sehingga hampir saja masuk rumah sakit jiwa.
6.1837Abraham Lincoln menderita kekalahan dalam suatu kontes pidato.
7.1840Abraham Lincoln gagal dalam pemilihan anggota senat Amerika Serikat.
8.1842Abraham Lincoln menderita kekalahan untuk duduk di dalam kongres Amerika Serikat.
9.1848Abraham Lincoln kalah lagi di konggres Amerika Serikat.
10.1855Abraham Lincoln gagal lagi di senat Amerika Serikat.
11.1856Abraham Lincoln kalah dalam pemilihan untuk menduduki kursi wakil presiden Amerika Serikat.
12.1858Abraham Lincoln kalah lagi di senat Amerika Serikat.
13.1860Abraham Lincoln akhirnya menjadi presiden Amerika Serikat.

Kalau orang lain yang mengalami demikian banyak kegagalan seperti yang dialami AbrahamLincoln mungkin sudah mundur teratur . Namun Lincoln tetap maju terus, kata mundur sama sekali tidak ada dalam kamusnya. Itulah sebabnya akhirnya dia mencapai suatu sukses yang luar biasa.

Dari semua kejadian diatas ujar-ujar atau kata mutiara dari Abraham Lincoln yang pantas untuk kita gunakan adalah:

Sukses berjalan dari satu kegagalan ke kegagalan yang lain, tanpa kita kehilangan semangat. (Abraham Lincoln)

Motivasi

Kegagalan bukan hal luar biasa, bukan memalukan, tidak patut ditertawakan, kecuali mungkin hanya Kegagalan Miyabi saja yang lucu didunia ini. Apakah Anda takut gagal? Begitu takutnya sampai Anda tidak berusaha untuk mencoba? Cobalah pikirkan kembali, hal itu benar-benar tak masuk akal. Dengan tidak mencoba barang sekalipun, sebenarnya Anda sudah gagal . Jadi rasa takut gagal adalah penyebab kegagalan yang pasti.

Apakah Anda takut? Coba perhatikan rasa takut Anda. Perhatikan pesan yang berusaha disampaikannya. Rasa takut membuat Anda lebih waspada. Rasa takut memberi energi ekstra. Rasa takut membuat Anda mampu mengatasi tantangan tersulit. Tidak ada yang mampu mendorong sumber daya dalam diri Anda, lebih dari rasa takut.

Rasa takut sebenarnya ada untuk mendorong Anda maju, bukan untuk menahan Anda. Biarkan rasa takut mengajarkan Anda. Biarkan rasa takut mempersiapkan Anda. Tetapi jangan membuat rasa takut menghentikan Anda. Saat rasa takut menahan Anda, coba perhatikan baik-baik apa yang menyebabkan rasa takut, dan Anda akan menemukan alasan untuk bergerak maju.

Kegagalan paling abadi adalah kegagalan untuk mulai bertindak. Bila Anda sudah mencoba, dan ternyata gagal, Anda memperoleh sesuatu yang bisa dipelajari dan mungkin dicoba kembali. Anda tidak akan pernah gagal bila Anda terus berusaha.

| SUMBER |

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda disini....

Bagikan Artikel Ini :

Related Posts with Thumbnails
Ada kesalahan di dalam gadget ini