Sejarah Awal Mula Konflik Palestina - Israel

Sebenarnya gimana sih awal sejarah Israel membantai Palestina,, nah jika anda membaca artikel berikut ini anda akan tau jawabannya. kekejaman di Gaza sebenarnya tak lepas dari dosa politik Inggris. Sebab, negara itulah yang mengizinkan warga Yahudi eksodus ke Palestina dan akhirnya mendirikan negara baru. Dukungan Inggris atas imigrasi besar-besaran warga Yahudi ke Palestina tertuang dalam Deklarasi Balfour pada 2 November 1917. Deklarasi Balfour atau Perjanjian Balfour merupakan sebuah surat yang dikirimkan Menteri Luar Negeri Inggris Arthur James Balfour, kepada Lord Rothschild, pemimpin komunitas Yahudi Inggris, untuk disampaikan kepada Federasi Zionis. Surat itu berisi hasil rapat Kabinet Inggris pada 31 Oktober 1917 yang menyatakan mendukung rencana-rencana Zionis mendirikan ‘tanah air’ bagi Yahudi di Palestina, dengan syarat bahwa tak ada hal-hal yang boleh dilakukan yang mungkin merugikan hak-hak dari komunitas-komunitas yang ada di sana. “Iya, perjanjian itu menjadi awal mula konflik Israel-Palestina. Konflik terjadi karena ketidaktegasan penjajah dalam membagi wilayah,” ujar pengamat hubungan internasional Universitas Indonesia (UI) Nurani Chandrawati. Saat itu, mayoritas wilayah Palestina berada di bawah kekuasaan Khilafah Turki Utsmani dan batas-batas yang akan menjadi Palestina telah dibuat sebagai bagian dari Persetujuan Sykes-Picot pada 16 Mei 1916 antara Inggris dan Prancis. Sebagai balasan untuk komitmen dalam deklarasi Balfour, komunitas Yahudi akan berusaha meyakinkan Amerika Serikat ikut dalam Perang Dunia I. Kata-kata dalam Deklarasi Balfour kemudian digabungkan ke dalam perjanjian damai Sèvres dengan Turki Utsmani dan Mandat untuk Palestina. Berikut isi surat dari Albert James Balfour yang dikirimkan kepada Lord Rothschild: Saya sangat senang dalam menyampaikan kepada Anda, atas nama Pemerintahan Sri Baginda, pernyataan simpati terhadap aspirasi Zionis Yahudi yang telah diajukan kepada dan disetujui oleh Kabinet. “Pemerintahan Sri Baginda memandang positif pendirian di Palestina tanah air untuk orang Yahudi, dan akan menggunakan usaha keras terbaik mereka untuk memudahkan tercapainya tujuan ini, karena jelas dipahami bahwa tidak ada suatupun yang boleh dilakukan yang dapat merugikan hak-hak penduduk dan keagamaan dari komunitas-komunitas non-Yahudi yang ada di Palestina, ataupun hak-hak dan status politis yang dimiliki orang Yahudi di negara-negara lainnya.” Saya sangat berterima kasih jika Anda dapat menyampaikan deklarasi ini untuk diketahui oleh Federasi Zionis. Tak lama setelah ada Deklarasi Balfour, eksodus warga Yahudi di berbagai penjuru dunia ke Palestina mulai terjadi. Dalam perjalanannya, warga Yahudi ini kemudian mendirikan negara Israel pada tahun 1948. Sebuah negara yang muncul kembali setelah lebih dari 2.500 tahun menghilang dari muka bumi, karena konflik internal dan penjajahan. Israel pun lantas terlibat pertikaian perebutan wilayah dengan Palestina dan Yordania, serta negara-negara Arab lain. Selama Perang Dunia I Inggris mengambil alih Yerusalem (1917) dan menetapkan kota itu di dalam The Palestine Mandate dari tahun 1922-1948. Pada tahun 1948, Inggris sebagai pemegang otoritas tanah Palestina tiba-tiba menyatakan tidak bertanggung jawab lagi atas seluruh Palestina yang dikuasakan kepadanya oleh Liga Bangsa-Bangsa yang telah bubar. Nah sudah jelaskan sekarang siapa yang salah.. masa kita numpang tiba-tiba mau jadi tuan rumah gak benerkan itu!!

21 komentar:

fe mengatakan...

thanks infonya gan, buat tugas gue ahaha

Sunaryo mengatakan...

Lha ini yg kita tunggu jawaban kena apa Israel itu sangat biadab di negeri orang tanpa ada belas kasih...kalau gitu baiknya PBB yang mengusir Esrael pergi dari palestina supaya timbul kedamaian

hoo leimien mengatakan...

trus smpai kpan peperangan itu akan brakhir

sutisna chokex mengatakan...

Negara inggris harus bertanggung jawab......,
PBB harus bisa bubarkan negara israel bagai mana caranya.....

AzharM Muhammad mengatakan...

Balfour declarition tidak menjadikan terjadinya eksodus/migrasi besar2an ras yahudi ke palestina, Balfor declartion hanyalah setragi politik inggris belak, yg mempengaruhi eksodus besar2an adlh saat Adolf Hitler mengobarkan semangat anti-semitisme (Holocaust) lalu terjadilah pelarian warga yahudi dijerman ke palestina dengan jumlah besar, dampak atas hal tersebut maka terjadilah perseteruan antara arab vs yahudi. inggris beberapa kali sempat melakukan investigasi atas perseteruan yahudi vs arab dikarenakan persoalan wilayah yg diperebutkan, dan muncul beberapa rekomendasi untuk ke-dua belah pihak, yg pertama The Passfield White Paper (20 Oktober 1930) yg berisi: 1.Imigrasi yahudi dihentikan selama masih ada orang arab yg blm mendapat pekerjaan.
2.Orang yahudi tidak diperkenankan lg membeli tanah selam masih ada orang arab blm mempunyai tanah. Lalu ada lg White Paper (17 mei 1939) yg berisi : 1. Dalam waktu 10 tahun palestina akan diberi kemerdekaan penuh.
2. Dalm waktu 5 tahuun harus tersusun peraturan yg menjamin adanya "a jawish home, bukam a jawish national home" 3. Antara 1939-1944 diperbolehkan masuk palestina berjumlah 75.000 orang yahudi. 4. Bangsa yahudi dilarang membeli tanah. Kemudian munculah erang Dunia II, yahudi membantu inggris dengan harapan dicabutnya White Paper 1939, arab juga membantu inggris dengan harapam medapatkan kemerdekaan dari inggris. Selama PD II, yahudi mengumpulkan banyak persenjataan dan meng-organisir diri sebagai militer (Haganah), setelah PD II selesai, terjadi eksodus besar2an lg, inggris menolak hal itu dengan kekerasan tp hal itu dibalas oleh tentara yahudi, atas kondisi yg tidak terkontrol tersebut, inggris membawa persoalan itu ke U.N.O/PBB (18 Februari 1947) U.N.O memutuskan membagi wilayah Palestina menjadi daerah Arab dan Yahudi (29 November 1947). Keputasn tersebut yg menandai kelahiran Republik Israel.
Arab juga membangun kekuatan dengan membentuk Liga Arab (Mesir, Arabia, Yaman, Irak, Trans-Jordania, Libanon, Syiria)..
Kondisi sekarang ini, tap negara yg tergabung dlm Liga Arab sudah disibukkan dengan konflik negara masing2. Rekomendasi saya konflik yg terjadi antara Palestina vs Israel adalh kesalaham PBB!!! Seperti kesalahan BJ. Habiebie saat menyerahkan persoalwn Timor-timor ke PBB, dan akhirnya Timor-timor dijadikan negara merdeka oleh PBB!

saifuddinn anker mengatakan...

bangsa yahudi adalah bangsa gembel nggak punya tempat tinggal ,lontang lantung sekarepe dewek TOK..

Anonim mengatakan...

Bangsa yahudi yang terbaik.

vinix voxc mengatakan...

lihatlah sejarah awalnya gimana. dari artikel diatas masih ada penyebab sebenarnya yang belum di tulis.

She Dholye mengatakan...

knapa jadi disini yang sewot sama israel...
Negara2 arab z yang mayoritas islam gk bias apa apa.
Klo mau, pergi ke palestina sana baru kita salut sama ente2,
Jangan disini berkoak koak..beraninya dikandang sendiri.

ade ulfiyah mengatakan...

Perang nya ga bakal selesai ampe kiamat

Nurlia anggiani mengatakan...

smua bisa slesai kalau mreka berfikir jernih dan selalu mengingat bahwa kta smua ne bersaudara..
jd gx ada deh tu namanya peperangan.

Ronny Secta Wijaya mengatakan...

Sok tau ni yang bikin artikel,baca sejarah bos jangan asal nulis.
Jd nyewotin Israel,ibarat pewayangan ente tu sengkuni.
Lagian ngpaun juga belain palestina,belain Indonesia aja lum tentu bener ente.

Ronny Secta Wijaya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Anonim mengatakan...

ada ada aja.

Anonim mengatakan...

ada ada aja.

Anonim mengatakan...

ada ada aja.

Anonim mengatakan...

Aja aja aϑa̲̅

craftline mengatakan...

cerita yang versi ini bener ya? ada banyak versi soalnya

Anonim mengatakan...

wah mantap teman teman berkomentarnya,lebih cenderung ga pake otak dan pakta,karena banyak didasari suka dan tidak suka sehingga meninggalkan akar masalah dan hukum sebab akibat.padahal dah jelas narasumbernya.malah dari sejarah luar juga berserakan tapi mata tlah dibutakan kebencian yang prinsip sehingga kala koment lebih menyulut amarah dari pada logika,padahal hal hal seperti ini dapat menambah wawasan,pengetahuan dan jelas kita jadi tau dan pandai,Mas admin ada banyak sejarah tentang israel dan palestina ini,baik dari ref luar ato lokal,coba gogling
buku karangan Bapak Z.A MAULANI.diulas lengkap sejarah israel dan palestin.dan ini buku best seller and out of stock.makasih mas admin ya

Anonim mengatakan...

:) hanya setan saja yg menghina saudara seimannya

Anonim mengatakan...

Udah jlaz gak ad plztna dri jmn dlu dlam zjarah gak ad itu bngza palztna mlawan romawi saat romawi mguazaix..xg ad jztru yahudi xg mlawan...palztna anekzazi arab atz tnh yahudi..it trjdi st salaudin mnguazai yerusalem jamn kalifa.trjdi ekzduz orang arab kzna...mza zh..mkx zmpe zkrng negara plztna gak di akui zbgai zuatu bngza..

Poskan Komentar

Terima Kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda disini....

Bagikan Artikel Ini :

Related Posts with Thumbnails
Ada kesalahan di dalam gadget ini